Faktor-faktor yang Mengakibatkan Kegagalan Implementasi Business Intelligence

Faktor  yang mengakibatkan implementasi BI  mengalami kegagalan  antara lain ditunjukkan dengan adanya rendahnya konsistensi dukungan pimpinan terhadap proyek  BI itu sendiri dan rendahnya tingkat kerjasama antar-bagian di organisasi dalam upaya mewujudkan BI. Selalu dilaksanakan, organisasi yang bersangkutan harus mampu mendefinisikan informasi Practical Approach Terdapat beberapanisasi berjalan sukses.  Hal ini sangat penting diperhatikan karena upaya implementasi BI biasanya akan membutuhkan sumber daya (dana, waktu, tenaga) yang cukup besar.

Faktor-faktor tersebut adalah Perencanaan yang kurang matang Implementasi BI tidak mungkin berhasil tanpa perencanaan yang matang. Koain hal di atas, kurang jelasnya kebutuhan informasi yang ingin didapatkan dari pengembangan BI juga berpotensi menurunkan tingkat keberhasilan. Sebelum Practical Approach Terdapat beberapanisasi berjalan sukses. Hal ini sangat penting diperhatikan karena upayalementasi BI biasanya akan membutuhkan sumber daya (dana, waktu, tenaga) yangtif cukup besar. Faktor-faktor  tersebut  adalah Perencanaan yang kurang matang Implementasi BI tidak mungkin berhasil tanpa perencanaan yang matang. Koain hal di atas, kurang jelasnya kebutuhan informasi yang ingin didapatkan dari pengembangan BI juga berpotensi menurunkan tingkat  keberhasilan. Sebelum apa saja yang dibutuhkan, data-data apa saja yang perlu dianalisis, dan dimanasajakah data-data tersebut dikelola. Kemudian, siapa sajakah yang terkait dengangaimana bentuk informasi yang diharapkan.

Faktor  paling  krusial pada pengembangan BI di suatu organisasi adalah kejelasan  bagaimana proses kerja organisasi yang  bersangkutan dan dimana data-data dan informasi organisasi disimpan atau dikelola. Selain itu tujuan dan strategi organisasi,  sejarah perkembangan  juga menjadi informasi yang  penting.  Pihak outsourcing (vendor ) BI tidak mungkin mengetahui informasi yang lengkap dan detail mengenai hal-hal tersebut dengansendirinya tanpa bantuan dari pegawai organisasi yang bersangkutan. Pihak outsourcing BI hanya bertindak sebagai tenaga yang  membantu membuat  sistem, tapi bentuk sistem dan kebutuhan apa saja yang  diperlukan hanya organisasilah yang mengetahui dengan baik.

Tentang irmanursanti

Irma Nursanti,
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s